Blackberry dan Tip Perawatan Sederhana

Tip Merawat Blackberry

1. Setiap 2-3 hari sekali, lepas battery Blackberry Anda dan diamkan selama kurang lebih 3 menit. Melepas battery membuat Blackberry melakukan reboot pada saat battery kembali di pasang. Hal ini berguna untuk menghapus sisa-sisa file yang tidak terpakai akibat proses chatting ataupun browsing (temporary file), yang bisa memperlambat kinerja Blackberry Anda.
2. Lakukan Clear Log setiap beberapa hari sekali. Bisa dilakukan dengan cara menekan Alt + L G L G. Fungsinya mirip dengan langkah di atas, yaitu membersihkan file-file log pada Blackberry, sehingga kinerja Blackberry menjadi lebih cepat. Anda juga bisa melakukan Cleaning Memory secara rutin, dengan cara pilih Options, Security Options, Advanced Security Options, kemudian pilih fitur Cleaning Memory dan pilih modus Enable untuk mengaktifkannya. Proses ini sama dengan proses yang sering kita lakukan pada PC/laptop, yaitu mengoptimasi memori (RAM).
3. Setiap 2-3 hari sekali, lakukan Host Routing Table, dengan cara pilih Options, Advanced Options, pilih Host Routing Table, tekan tombol logo BlackBerry icon Anda dan pilih Register Now.

4. Anda juga dapat melakukan Diagnostic Test setidaknya seminggu sekali. Ini sangat penting. Karena lewat inilah kelihatan di layar apakah smartphone BlackBerry kita terkoneksi semua, baik PIN, Register maupun koneksi Email. Dengan cara, pilih Options, Mobile Network, setelah itu tekan logo BlackBerry icon Anda , pilih Diagnostic Test, lalu tekan lagi tombol logo BlackBerry icon, pilih RUN, biarkan sampai proses berjalan selesai. Jika saat Anda selesai memproses fitur ini, Anda mengalami kegagalan, ulangi kembali agar hasil diagnostic test Anda tidak ada yang gagal.

Alternatif lainnya, Anda bisa menggunakan aplikasi-aplikasi tune up untuk Blackberry, sehinnga lebih mudah dan cepat, karena biasanya aplikasi tersebut menyediakan fasilitas Clear Log, Memory Cleaning, Task Manager, termasuk untuk proses reboot/restart Blackberry.