Data Statistik Pengguna Internet di Indonesia dan Kawasan Asia di Tahun 2011

Kawasan Asia menyumbang 56% populasi manusia dari seluruh dunia. Dengan jumlah yang sebanyak itu, mungkin dapat dengan mudah kita simpulkan bahwa pengguna Internet di kawasan Asia juga akan lebih banyak dari kawasan lain di dunia. Tapi tunggu dulu, dari data yang saya dapat, ternyata Asia hanya menyumbang 44.2% dari keseluruhan jumlah pengguna di seluruh dunia. Atau dengan kata lain dari jumlah estimasi penduduk di 2011 yang sebesar 3.879.740.877 penduduk, hanya sejumlah 932.393.209 penduduk yang sudah menjadi pengguna Internet.

Memang kebanyakan negara di Asia masih merupakan negara berkembang yang penetrasi pengguna Internetnya masih kecil. Dan, jika kita telusuri lagi, masalah konten lokal juga menjadi faktor utama. Selain itu masalah teknologi pun juga menjadi masalah tersendiri. Tercatat penetrasi Internet di kawasan Asia hanya mencapai 23.8% hingga bulan Maret 2011. Jumlah ini masih di bawah rata-rata penetrasi kawasan lain yang mencapai 30.2%.


Nah, kalau begitu bagaimana dengan posisi dan pengaruh Indonesia sendiri di kawasan Asia? Indonesia ternyata menjadi negara yang masuk 5 besar di kawasan Asia sebagai penyuplai pengguna internet. Berdasarkan data yang ada, Indonesia berada di urutan keempat setelah China, India, dan Jepang. Kabar baiknya kita berhasil menggunguli Korea Selatan. Tetapi ternyata faktor utama yang membuat kita mengungguli Korea Selatan adalah faktor luas wilayah dan jumlah penduduk. Untuk masalah penetrasi pengguna Internet ternyata kita kalah jauh di bandingkan Korea Selatan. Penetrasi Indonesia baru sebesar 16.1%, sedangkan Korea Selatan sudah mencapai 80.9%. Atau dengan kata lain dari jumlah estimasi penduduk Indonesia di 2011 yang sebesar 245.613.043 baru sekitar 39.600.000 yang menjadi pengguna Internet.

Indonesia pun masih kalah dari Malaysia yang berhasil meraih 58.8% untuk urusan penetrasi pengguna Internet. Tetapi hal yang cukup unik adalah masalah pengguna facebook di Indonesia. Indonesia menjadi negara nomor 1 di Asia dalam hal pengguna Facebook. Bisa secara kasar disimpulkan bahwa masyarakat kita cukup antusias dengan konten berbau sosial network di internet


.
Pertumbuhan Pengguna Internet di ASIA